Media Publikasi
STABN Sriwijaya
Tangerang - Banten
Buddhistik Unggul Berkarakter
 
 
DETAIL JURNAL / KARYA ILMIAH STABN SRIWIJAYA
 
 
Update : 25-10-2017 | Dibaca  180 X | Didownload  36 X
PENYELENGGARAAN DHARMACLASS BAGI SISWA YANG TIDAK MENDAPATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DI CETIYA DHARMA DVIPA, LEGOK, TANGERANG

Pendidikan merupakan kunci pokok dalam menentukan keberhasilan setiap siswa. Tujuan utama pendidikan Indonesia tertuang dalam UUD I945 yakni meliputi melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia; memajukan kesejahteraan umum; mencerdaskan kehidupan bangsa; ikut melaksanakan kestertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Pencapaian tujuan pembelajaran berpengaruh terhadap layanan yang diberikan oleh setiap institusi pendidikan. Ketidakmerataan penyelenggaraan layanan pendidikan tidak hanya sebatas sarana dan prasarana disekolah. Kasus ketidakmerataan pendidikan terjadi bagi beberapa siswa yang memiliki agama minoritas, sehingga siswa tidak mendapatkan layanan pendidikan agama di sekolah formal. Kasus tersebut terjadi di Indonesia khususnya di daerah Tangerang, dimana terdapat siswa yang beragama Buddha harus mengikuti pembelajaran agama di luar sekolah. Siswa tersebut mendapatkan pembelajaran pendidikan agama Buddha di tempat ibadahnya baik di Vihara atau Cetiya. Optimalisasi tempat ibadah di cetiya Dharma Dvipa bertambah menjadi salah satu penunjang penyelenggara pendidikan bagi siswa yang tidak mendapatkan pendidikan agama Buddha di sekolah formal, sehingga pengurus cetiya membentuk Dharmaclass.

Dharmaclass merupakan salah satu layanan pendidikan yang diselenggarakan oleh Cetiya sebagai pengganti pendidikan di sekolah formal. Dharmaclass terdiri atas dua kata yakni Dharma dan class. Dalam kamus baru Buddha Dharma (Panjika dan N. Perawira, 1993: 72) Dharma diartikan sebagai ajaran dan class berasal dari bahasa Inggris yang artinya kelas, sehingga dapat diseimpulkan bahwa Dharmaclass merupakan kelas yang di dalamnya berisikan ajaran. 
 
 
Penulis : Sucitta Rantia Dewi   Buku : 1   Jilid : 1
Tgl Rilis : 2017-10-25   No. Publikasi : SW-PUB-2017-00236   ISSN/ISBN : -
 
 
Download
 
 
 
 
Untitled Document
 
 
 
     
Untitled Document
 
 
Untitled Document
Pengunjung Online : 1 Total Pengunjung : 16222
All Right Reserved © STABN Sriwijaya